Aek sipitu dai
Airnya bersumber dari mata air yang mempunyai tujuh pancuran dimana masing-masing mempunyai rasa yang berbeda. Airnya dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan dikenal juga sebagai tempat keramat di Samosir. Lokasi ini terletak di desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mulamula sekitar 7,5 km dari Pangururan.

Batu hobon
Batu ini terletak di kaki Gunung Pusuk Buhit. Menurut legenda batu ini dipercaya sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga Sariburaja. Batu Hobon teletak sekitar 15 Km dari Pangururan, berdekatan dengan objek wisata Aek Sipitu Dai dan Sopo Guru Tatea bulan.

Batu kursi siallagan
Situs Batu kursi persidangan siallagan sudah banyak dikenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. Terletak di desa tradisonal Siallagan yang masih dipertahankan keasliannya, anda akan menemukan kompleks batu yang menyerupai tempat persidangan dan eksekusi tahanan perang dengan dinding-dinding batu kuno yang mengelilingi desa. Perkampungan yang lengkap dengan meja dan kursi batu, tempat persidangan dan eksekusi, patung batu, sarkopagus dan perumahan tradisonal dengan berjarak 5 km dari Tomok.

Batu sawan
Batu sawan terletak di lembah pusuk buhit dan merupakan salah satu tempat yang dianggap keramat di Samosir karena menurut ceritanya, lokasi ini adalah tempat tinggalnya Raja Uti dan para raja yang bersemayam di Pusuk Buhit pun menjadikan tempat ini sebagai pemandian suci mereka. Airnya sangat unik karena mempunyai rasa jeruk perut yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tempat ini terletak kurang lebih 15 Km dari Pangururan.

Museum & Huta bolon Simanindo
Merupakan museum tradisional yang menyimpan berbagai jenis barang-barang sejarah budaya Batak yang masih terjaga keasliannya. Selain museum, terdapat perkampungan tradisional Batak beserta Sopo-sopo di sekitarnya. Di lokasi ini rutin diadakan pertunjukan seni budaya Batak yakni Tortor sigale-gale dan Mangalahat Horbo dengan 2 kali pertunjukan setiap harinya yakni pukul 10.30 – 11.45 WIB dan pukul 11.45. – 12.10 WIB. Lokasi ini terletak 20 Km dari Pangururan serta 35 Km dari Tuktuk yang dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan menggunakan bus/taxi atau motor.

Makam raja sidabutar
Makam Raja Sidabutar adalah salah satu makam tertua di Samosir. Terletak di Tomok, makam ini dibangun Raja Sidabutar untuk dirinya ketika dia masih hidup. Dia mulai membuat kuburan itu dengan ritual khusus dan menugaskan tukang ukir batu menyelesaikannya. Menurut legenda, ukiran di makamnya menceritakan tentang kisah percintaannya karena terdapat ukiran patung wanita. Serta menceritakan juga tentang jenderalnya yang setia dan kebesarannya sebagai raja seperti terlihat di ukiran wajahnya.

Ruma Siraja Batak
Didesa sianjur mulamula terdapat peninggalan budaya yang menyerupai miniature Istana si Raja Batak. Dahulu, gelar raja Batak bukan berdasarkan kedudukannya sebagai penguasa wilayah tetapi lebih kepada penghargaan kepada nenek moyang Batak. Di desa ini juga terdapat rumah semi-tradisonal yang dibangun tanpa menggunakan paku, menggunakan tangga dan beratap seng (biasanya yang asli menggunakan ijuk).

Kampung Tenun Ulos Batak
Terletak 6 Km dari pusat Kota Pangururan, terdapat pusat industri rumah tangga yang menghasilkan kain khas Batak yang disebut Ulos. Di Lokasi ini terdapat beberapa pengrajin ulos tradisional dan anda dapat memesan ulos langsung kepada pengrajin.

Tenun Ulos
Tenun Ulos