PHRI Samosir Gelar Diskusi Kepariwisataan Menuju New Normal

PHRI Samosir Gelar Diskusi Kepariwisataan Menuju New Normal

PENERAPAN tatanan normal baru bidang kepariwisataan segera diberlakukan di Samosir. Rencana ini pun direspons positif oleh Badan Pengurus Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Samosir dengan menggelar sosialisasi dan diskusi bertempat di Tabo Cottage, Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kamis (25/6/2020).
Hadir sebagai narasumber Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh SIK MM, Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan SSos serta Kadis Kesehatan Samosir dr Nimpan Karo-karo. Dan, moderator pertemuan ini adalah Ketua PHRI Samosir sekaligus owner Tabo Cottage Annette Horschman.
Dumosch Pandiangan dalam paparannya menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan PHRI karena telah menangkap semangat Pemkab Samosir/Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk bersama-sama mensosialisasikan konsep penerapan new normal yang harus mengedepankan konsep clean, healthy, safety di setiap aspek kehidupan sosial, termasuk pada usaha kepariwisataan.
“Disiplin dalam menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur, red) yang telah disusun menjadi kata kunci keberhasilan kita mencegah penyebaran Covid-19 dalam tatanan normal baru yang rencananya akan diterapkan pada awal bulan Juli khusus untuk tamu/pengunjung lokal Samosir,” ujar kadis.
Disampaikan bahwa Dinas Pariwisata Samosir sebelumnya telah melakukan sosialisasi penerapan new normal di beberapa lokasi wisata, seperti Desa Tomok, Kelurahan Tuktuk Siadong, Desa Siallagan, kawasan Aek Rangat dan Pantai Pandua/Sipinggan di Kecamatan Nainggolan.
Kapolres Samosir juga menyampaikan demikian. Dikatakan, menunggu ditemukannya vaksin Covid-19, saat ini yang paling efektif adalah kedisiplinan diri dalam penerapan SOP, yaitu pakai masker, mengukur suhu tubuh, jaga jarak dan sering cuci tangan.
“Semangat bersama antara komunitas, antar kewilayahan untuk saling menjaga juga sangat penting. Penjagaan di pintu pintu masuk yang displin akan sangat membantu pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” ujar perwira dengan dua melati emas di pundaknya ini.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr Nimpan Karo-karo secara detail menyampaikan dan mempraktekkan bagaimana prosedur kesehatan agar terhindar dari Covid-19.
Pada kegiatan yang dihadiri para pelaku pariwisata khususnya dari sektor usaha hotel/akomodasi dan rumah makan/restoran ini, banyak tersampaikan ide serta saran dalam penerapan new normal di Kabupaten Samosir.

Posted In:

GIVE A REPLY