Pemkab Luwu Timur Terpikat pada Perkembangan Pariwisata Samosir

Pemkab Luwu Timur Terpikat pada Perkembangan Pariwisata Samosir

PERKEMBANGAN kepariwisataan Kabupaten Samosir memikat banyak daerah untuk berbagi informasi. Salah satunya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dan Lembaga Adat Mokole Matano bekerjasama dengan PT Vale Indonesia untuk yang datang ke Samosir untuk mempelajari konsep pengembangan wisata, Rabu (19/6/2019).
Tak hanya soal wisata, rombongan juga melakukan kaji tiru pengembangan kapasitas dan kelembagaan adat.
Dalam pertemuan tersebut, rombongan yang hadir, antara lain Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, Plt Asisten Ekbang dan Pengembangan Infrastruktur Budiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Tabacina Akhmad, Kepala Dinas Perhubungan Andi Makkaraka, Kabag Pemerintahan Senfry Oktavianus dan Managemen PT Vale Indonesia.
Sementara rombongan dari Luwu Timur disambut di Hotel Samosir Cottages, Tuktuk Siadong oleh Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Kadis Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Drs Gonggom Naibaho, Kepala Dinas Perhubungan Nurdin Siahaan, Kabag Humas & Kerjasama P Hartopo Manik dan Camat Simanindo Dapot Simbolon.
Irwan mengatakan bahwa mereka mengunjungi Samosir untuk melihat langsung, menggali informasi serta mendalami langkah pengembangan pariwisata, juga mempelajari konsep pengembangan desa dan kampung wisata dan mempelajari pengelolaan wisata berbasis potensi alam dan budaya serta mencari ide baru dalam pengembangan.
Pihaknya juga mengakui bahwa pertumbuhan industri pariwisata di Kabupaten Samosir sangat pesat sehingga sudah sangat tepat menjadikan Samosir sebagai pusat study banding untuk meniru kebijakan pembangunan pariwisata.
Irwan menambahkan bahwa potensi wisata di Samosir mirip dengan Luwu Timur, dimana Luwu Timur dikelilingi oleh 3 danau, yakni Danau Matano, Mahalona, Towuti. Selain itu, kekayaan budaya seperti yang ada di Kabupaten Samosir, juga ada di Luwu Timur.
“Mudah-mudahan pasca pertemuan ini bisa membuka peluang untuk menggagas kelanjutan kerjasama dalam bentuk MoU,” ujarnya.
Sementara, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga dan mengapresiasi kunjungan Pemkab Luwu Timur. . Wakil Bupati menyampaikan bahwa sampai saat ini Samosir sedang giat-giatnya dalam pengembangan infrastruktur dan pariwisata yang berbasis alam dan budaya.
Wakil Bupati memaparkan gambaran umum tentang Kabupaten Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Dan, ini menjadi kesempatan dan terobosan bagi Pemkab Samosir untuk berbenah dan mengembangkan sektor pariwisata dengan memenuhi elemen penting, yakni attraction, amenities dan access yang ditopang dengan bekerja keras, tulus dan ikhlas.
“Membangun suatu daerah diperlukan sinergisitas antara pemerintah dengan masyarakat, karena tanpa dukungan dan persatuan dari masyarakat, niscaya pengembangan suatu daerah sulit berjalan dengan baik,” ujar Wakil Bupati.
Dia juga berharap agar terbangun sebuah kerjasama dan korelasi yang baik antara Kabupaten Samosir dan Luwu Timur dalam pengembangan industri pariwisata.

Posted In:

GIVE A REPLY