Bangkitkan Pariwisata di Desa Wisata, Dinas Pariwisata Samosir Adakan Pelatihan Manajemen Homestay

pelatihan di desa wisata3

Bangkitkan Pariwisata di Desa Wisata, Dinas Pariwisata Samosir Adakan Pelatihan Manajemen Homestay

(Sianjur Mulamula, Kamis, 09 Mei 2019).
Dinas Pariwisata Samosir melalui Bidang Kerjasama dan Kemitraan berkomitmen untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Samosir dengan melakukan pelatihan manajemen homestay di Desa Wisata bertempat di Balai Desa Sianjur Mulamula. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama tiga hari yang telah dibuka langsung oleh Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga Selasa 07 Mei 2019 lalu, dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan ini agar terlatih dalam meningkatkan pelayanan kepada wisatawan sehingga wisatawan kita tidak ‘parsahalian'(cuma datang sekali). Beliau menambahkan agar tetap menjaga dan melestarikan budaya batak karena budaya kita itu sangat layak untuk disajikan kepada wisatawan.

  1. pelatihan di desa wisata
    Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir diwakili Kabid Kerjasama dan Kemitraan Pariwisata Togar Siboro, S.Pd, MM, pada acara penutupan pelatihan menegaskan kepada peserta agar tidak berhenti untuk belajar dan berbenah, terus semangat untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan kita kepada wisatawan. Semoga ilmu yang sangat berharga yang telah disampaikan Narasumber dapat diterapkan dalam pengelolaan homestay kita masing-masing.
    Pada pelatihan ini peserta dibekali mulai dari teori hingga praktek. Peserta dilatih dalam pembenahan standar fasilitas di homestay dan pelayanan. Di hari ketiga peserta di bimbing narasumber hingga mampu membuat produk dan paket wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan dengan pengemasan yang menarik didukung oleh atraksi-atraksi wisata yang rutin di wilayah homestay sebagai tindakan lanjut dalam pengembangan homestay yang siap jual dan dipromosikan. Togar Siboro, S.Pd, MM memaparkan bahwa daerah desa memiliki potensi besar sebagai tujuan wisata yang paling diminati sebagian besar wisatawan dengan harapan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dengan para pelaku wisata termasuk pengelola homestay dalam memajukan pariwisata Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.

pelatihan di desa wisata2
Dengan adanya kerjasama dan sinergitas diharapkan dapat terus miningkatkan sarana penunjang pariwisata dari segi atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Suatu kekuatan untuk pengembangan homestay di kabupaten samosir adanya pemandangan alam persawahan yang menarik dengan udara yang sejuk, arsitektur bangunan tradisional rumah adat batak yang masih dipertahankan, adanya berbagai peninggalan sejarah yang masih ditemukan di areal desa serta aktivitas seni budaya dan adat batak yang masih kental.
Kabid Kerjasama dan Kemitraan Togar Siboro, S.Pd, MM selaku panitia pelaksanaan kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada Narasumber yang telah bersedia melatih para pengelola homestay di desa wisata, dan kepada peserta juga diucapkan terimakasih yang tetap semangat mengikuti acara ini, karena pesertanya pada umumnya terbilang tidak muda lagi namun semangatnya sangat tinggi untuk memajukan pariwisata samosir melalui pengelolaan homestay yang bagus. Kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan masyatakat desa melalui pengelolaan homestay ke arah yang makin bagus untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.
Salah satu peserta Halomoan Sagala mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Dinas Pariwisata Samosir yang telah melaksanakan pelatihan ini. Semoga dengan ikut pelatihan ini, kami para pengelola homestay dapat meningkatkan pengelolaan homestay di desa wisata.

GIVE A REPLY