Menakjubkan! Ini Spot Terbaik di Samosir untuk Menyaksikan Danau Toba dari Ketinggian

Menakjubkan! Ini Spot Terbaik di Samosir untuk Menyaksikan Danau Toba dari Ketinggian

TANAH Batak benar-benar sangat terberkati. Ya, Danau Toba yang begitu indah ciptaan Tuhan menjadi berkat tersendiri bagi Indonesia, bagi masyarakat Sumatera Utara, khususnya bagi masyarakat Batak.
Karenanya, tak lengkap rasanya datang ke Sumatera Utara tanpaberkunjung ke Danau Toba, dan tak sempurna rasanya jika berkunjung ke Danau Toba tanpa datang ke Pulau Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.
Tak berlebihan rasanya menyatakan Samosir adalah Negeri Indah Kepingan Surga, karena keindahan yang tersaji di tempat ini benar-benar sangat menakjubkan.
Nah, agar lebih puas menikmati panorama Danau Toba, berikut tempat-tempat yang sangat cocok memandang Danau Toba dari ketinggian.
1. Menara Pandang Tele
Menara Pandang Tele, terletak di Kecamatan Harian, adalah spot terbaik untuk melihat Danau Toba dari ketinggian. Anda akan benar-benar takjub menyaksikan kesempurnaan ciptaan Yang Maha Kuasa dari tempat ini.
Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1988, sejak Samosir belum mekar menjadi kabupaten baru, masih di bawah Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.
Tempat ini pun sangat nyaman untuk bersantai. Dalam belaian udara dingin, silahkan singgah di bangunan modern dua lantai yang tak jauh dari menara ini. Gedung berstandar internasional dan ramah lingkungan ini dibangun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Rumah Rakyat (PUPR). Tepat di lantai duanya, ada area berupa rumah kaca yang berfungsi sebagai restoran.
Untuk bisa sampai di Menara Pandang Tele, hanya membutuhkan waktu 45 menit dari Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir. Menuju lokasi ini pun akan semakin menarik karena Anda akan melewati jalan mendaki dan berliku, berteman pemandangan barisan pohon pinus dan lembah indah. Sementara, bila dari Bandara Internasional Sisingamangaraja XII Silangit, butuh waktu sekitar 2 jam.
Tiket masuk ke Menara Pandang Tele pun begitu murah meriah, hanya Rp7 ribu dan parkir hanya dikenakan Rp2 ribu.
2. Bukit Holbung
Masih di Kecamatan Harian, tepatnya di Desa Hariarapohan, spot terbaik yang lain untuk menyaksikan keindahan Danau Toba dari ketinggian adalah Bukit Holbung. Bukit ini juga dijuluki Bukit Teletubbis, juga Bukit Cinta. Tak ayal, lokasi ini pun banyak dijadikan untuk foto prewedding.

Lokasi ini menawarkan panorama padang rumput (sabana) yang luas berlatar belakang birunya Danau Toba.
Untuk menuju kawasan ini, butuh waktu sekitar 1 jam dari Pangururan, sementara dari Menara Pandang Tele membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sesampainya di kaki bukit, pengalaman wisata Anda akan semakin lengkap karena Anda harus berjalan mendaki sampai puncak sekitar 15-20 menit.
Untuk masuk ke kawasan ini, Anda juga diwajibkan membayar retribusi. Tetapi, tak usah khawatir, karena yang harus Anda keluarkan hanya Rp5 ribu.
3. Menara Sibolazi
Spot yang lain yang menyuguhkan pemandangan indah Danau Toba dari ketinggian adalah Menara Sibolazi, yang terletak di Desa Simanindo, Kecamatan Simanindo.

Dari menara ini, mata Anda akan dimanjakan oleh hamparan Danau Toba yang biru, dibelai angin dingin. Apalagi jika senja tiba, sinar jingga saat tenggelamnya matahari akan begitu memanjakan Anda.
Tak sulit untuk menuju lokasi ini, hanya sekitar 30 menit dari Pangururan. Jika dari Pelabuhan Tomok, Anda juga hanya membutuhkan waktu 30 menit, sementara jika dari Pelabuhan Simanindo hanya butuh waktu 5 menit.
Selepas menyaksikan pemandangan alam, Anda juga bisa langsung turun ke pantai dengan hamparan pasir yang luas dan panjang. Manjakan telapak kaki Anda dengan pasir lembut yang terhampar di sepanjang pantai.

Posted In:

Comments ( 2 )

  • Gilbert Sihaloho

    Catatan: nama No.3 itu bukan menara sibolazi, yang benar adalah menara pandang simanindo dugul sinapuran. Mohon dikoreksi (Gilbert Sihaloho)

  • Dyah Eka

    Keren
    Salah satu objek wisata yang harus dikunjungi dan beruntung saya pernah mengunjunginya.

GIVE A REPLY