Ayo Lomba Lari Marathon Sembari Menikmati Takjubnya Geopark Kaldera Toba

Ayo Lomba Lari Marathon Sembari Menikmati Takjubnya Geopark Kaldera Toba

HORAS Samosir Fiesta (HSF) tak habis-habisnya menyajikan event bertaraf internasional untuk memanjakan wisatawan. Baru saja event akbar Samosir Music International (SMI) 2019 digelar pada 23-24 Agustus lalu, kini event bertema sport tourism segera terlaksana yang akan membuat hari-hari Anda akan terasa berbeda.
Event tersebut adalah lomba lari marathon SAMOSIR LAKE TOBA ULTRA MARATHON 2019 edisi ke-5, yang akan dihelat pada 21 September 2019. Plt Kepala Dinas Pariwisata Daulat Nainggolan SKM MKes melalui Kepala Bidang Promosi Pariwisata Shanty SE MSi menerangkan bahwa event ini diikuti oleh 650 peserta yang berasal dari berbagai wilayah Nusantara dan dari mancanegara.
Dijelaskan, event terdiri dari 4 kategori marathon yang keseluruhan kategori akan start di Pusat Informasi Geopark di Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula. Untuk kategori 5 Km, rute akan melintasi Desa Siboro, untuk 10 Km akan melintasi Desa Siboro-Hutaginjang, untuk 25 Km akan melintasi Desa Siboro-Hutaginjang-Siogung Ogung-Tanjung Bunga dan kategori 50 Km akan melintasi Desa Siboro- Hutaginjang-Siogung Ogung-Tanjung Bunga dengan lintasan yang lebih jauh lagi, yang keseluruhan lintasan berada di wilayah Kecamatan Sianjur Mulamula, Kecamatan Harian dan Pangururan, Kabupaten Samosir.
Lebih lanjut Shanty menjelaskan, bila ingin menjadi peserta SAMOSIR LAKE TOBA ULTRA MARATHON 2019 (geopark kaldera toba), silahkan mengisi form registrasi serta membayar biaya registrasi, dengan rincian kategori 5K sebesar Rp200 ribu, 10K sebesar Rp300 ribu, 25K sebesar Rp450 ribu dan 50K sebesar Rp650 ribu serta masing-masing peserta akan mendapatkan jersey dan medali. “Form registrasi pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa diakses di www.samosirultramarathon.com,” ujar Shanty.

Masih kata Shanty, event SAMOSIR LAKE TOBA ULTRA MARATHON ini adalah event yang ditunggu-tunggu banyak orang, karena selain memperebutkan hadiah yang menggiurkan, juga akan menyajikan kenikmatan tersendiri, dimana peserta akan berlari di lokasi yang dikelilingi pemandangan yang sangat menakjubkan.
“Lokasi ini adalah salah satu titik terbaik untuk menyaksikan keindahan Danau Toba dan barisan bukit-lembah serta sawah yang terhampar luas. Selain itu, pelari akan melintasi sejumlah desa tradisional yang di dalamnya berdiri barisan Ruma Batak serta disambut senyum ramah masyarakat desa. Jadi, jumlah hadiah yang menggiurkan serta keindahan alam Samosir patut menjadi alasan kuat bahwa SAMOSIR LAKE TOBA ULTRA MARATHON adalah event berskala internasional yang sangat ditunggu-tunggu,” jelas Shanty.
Adapun hadiah untuk seluruh kategori lomba, untuk kategori 50K pria/wanita, juara 1 akan mendapatkan Rp10 juta, juara 2 Rp8 juta, juara 3 Rp7 juta, juara 4 Rp5 juta dan juara 5 Rp3 juta. Kemudian, untuk kategori 25K pria/wanita, juara 1 sampai juara 5 masing-masing mendapatkan Rp5 juta, Rp3,5 juta, Rp2,5 juta, Rp1,5 juta dan Rp1 juta.
Untuk kategori 10K pria/wanita, juara 1 sampai 5 masing-masing mendapatkan, Rp3 juta, Rp2 juta, Rp1,5 juta, Rp1 juta dan Rp750 ribu. Dan, kategori 5K pria/wanita, juara 1-5 masing-masing mendapatkan Rp1,5 juta, Rp1 juta, Rp750 ribu serta juara 4 dan 5 mendapatkan Rp500 ribu.
“Dan, kepada para peserta marathon dan penonton yang ingin menyaksikan event ini, ada tersedia puluhan homestay serta sajian makanan khas Batak dan makanan nasional untuk Anda. Selain itu, tak jauh dari lokasi lintasan, ada banyak hotel yang tersebar di wilayah Pangururan. So, jangan sampai ketinggalan mengikuti event ini,” ajak Shanty.

Posted In:

GIVE A REPLY