Kunjungi Samosir Untuk Cek Kesiapan Lokasi, Sekjend TPO for Asia-Pacific Terkagum-kagum

Kunjungi Samosir Untuk Cek Kesiapan Lokasi, Sekjend TPO for Asia-Pacific Terkagum-kagum

SELAKU tuan rumah The 10th General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir terus melakukan persiapan demi suksesnya kegiatan promosi pariwisata terbesar se-Asia-Pasifik tersebut.
Dan, sebagai langkah awal, pada Selasa (29/10/2019), Sekjen TPO Prof Dr Kim Soo-il hadir ke Sumut dan Samosir untuk pengecekan lokasi serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan general assembly tersebut, seperti kesiapan hotel yang dapat menampung sekitar 1.500 delegasi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara dr Ria Novida Telaumbanua mengatakan bahwa Pemprovsu dan 33 kabupaten/kota akan mempersiapkan diri dari segala aspek dan akan menjadi tuan rumah yang baik demi membawa nama Indonesia.
dr Ria menambahkan, Sekjen TPO menjadwalkan mengunjungi Samosir, karena adanya kesiapan dan komitmen Bupati Samosir untuk memberikan yang terbaik pada pelaksanaan TPO 2021 mendatang.

Sementara itu, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM menjelaskan, setelah mengikuti sidang TPO, perjuangan dan keberpihakan Mr Kim Soo-il menjadikan Sumut menjadi tuan rumah harus diapresiasi karena beranggotakan 115 kabupaten/kota dari 23 negara.
“Karena Samosir menjadi destinasi kunjungan delegasi TPO, Mr Kim pun datang meninjau pembangunan objek wisata yang akan selesai tahun 2020 sampai bulan 6 tahun 2021. Satu-satunya daerah yang dikunjungi adalah Kabupaten Samosir,” ujar bupati.
Bupati mengatakan bahwa aka nada banyak keuntungan untuk Kabupaten Samosir atas pelaksanaan General Assembly 2021 ini, yakni Sumut dan Samosir akan dipromosikan secara besar-besaran untuk dikunjungi.
Apalagi, Danau Toba masuk dalam keanggotaan Global Geopark Network (GGN) yang akan disahkan pada April tahun 2020 mendatang. “Jadi, ada dua kejadian yang saling mendukung untuk mendobrak kunjungan wisata. Pergaulan internasional akan menjadi perhitungan. Kita mewujudkan daerah ini menjadi kunjungan wisata yang mendunia,” ujarnya.

Sementara, Sekjen TPO Prof Dr Kim Soo-il menjelaskan, beberapa negara yang memiliki pariwisata yang berbeda direncanakan akan hadir pada 2021 mendatang. Pada general assembly itu, pihaknya juga akan menggelar festival seni.
“Target pemerintah 2 juta wisatawan berkunjung ke Samosir. Dana yang dikucurkan ke Samosir akan banyak untuk membeli souvenir, tentu manfaatnya sangat banyak,” ucap Kim Soo-il.
Dia berharap, pada The 10th General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities 2021 nanti, Presiden RI Joko Widodo berkenan membuka sidang tersebut, karena akan dihadiri sejumlah kepala daerah se-Asia Pasifik.
Kim Soo-il juga mengaku jatuh cinta terhadap Samosir. Dia mengaku kagum setelah mengunjungi objek-objek wisata di Negeri Indah Kepingan Surga ini, antara lain melihat pertunjukan Tortor Sigalegale di Desa Tomok Parsaoran, mengunjungi Batu Kursi Persidangan Desa Siallagan, mengunjungi Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhisuhi, Pusat Informasi Geopark di Sigulatti serta menikmati keindahan alam dan dinginnya udara di Menara Pandang Tele.

Dan, dari sejumlah lokasi yang dikunjungi, Kim Soo-il mengaku sangat terkesan pada Kampung Ulos Hutaraja. Karenanya, dia mengatakan pada Busan International, Kampung Ulos akan jadi salah satu fokus pembahasan serta akan dipubliskasi di negaranya, Korea Selatan. “Karena memiliki sejarah dan memiliki nilai jual,” ujar pria yang juga merupakan Penasehat Presiden Korea Selatan ini.

Posted In:

GIVE A REPLY