Kadis Pariwisata Sapa Masyarakat Tanjungan: Ayo Jaga Objek Wisata, Manfaatkan Untuk Kesejahteraan

Kadis Pariwisata Sapa Masyarakat Tanjungan: Ayo Jaga Objek Wisata, Manfaatkan Untuk Kesejahteraan

MENGAWALI Tahun 2020 ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir yang baru saja menduduki jabatannya, Dumosch Pandiangan SSos menyapa masyarakat Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Rabu (15/1/2020) di lokasi objek wisata Aek Natonang.
Diketahui bahwa masyarakat sekitar akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjungan. Adapun tujuan pembentukan Pokdarwis ini sebagai tindak lanjut hasil rapat pembentukan pokdarwis dalam mendukung pengembangan kawasan wisata Aek Natonang serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pembentukan dan pengembangan desa wisata di Kabupaten Samosir.
Dalam arahannya, Kadis Pariwisata Dumosch Pandiangan menyampaikan bahwa pokdarwis adalah wadah yang sangat bermanfaat bagi pembangunan kepariwisataan, sekaligus wadah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota/masyarakat.
Dijelaskan, Pokdarwis Tanjungan bisa membentuk bidang-bidang usaha untuk mendukung aktivitas wisata di Aek Natonang. “Bapak ibu sekalian bisa menciptakan usaha bidang pariwisata di sini, misalnya usaha rental sepeda, usaha kuliner, souvenir shop dan lain sebagainya. Tentu, ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sini,” ujar Kadis Pariwisata.
Pria yang juga pernah mengabdi sebagai Sekretaris Kecamatan Simanindo ini menambahkan bahwa masyarakat yang selama ini bekerja di bidang pertanian tak perlu meninggalkan pekerjaan utamanya bila ingin berusaha di bidang pariwisata. Sebab, menggeluti usaha bidang pariwisata tidak begitu mengganggu dengan pekerjaan utama. “Bahkan, bisa dikolaborasi, yakni dengan memadukan pertanian dengan pariwisata, yaitu ekowisata. Sehingga pertanian tersebut dapat memberikan nilai yang lebih besar lagi,” ujarnya.
Dia berharap, pengurus Pokdarwis Tanjungan ini nantinya adalah orang yang benar-benar sadar wisata sehingga dapat beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam pengembangan kawasan objek wisata Aek Natonang.
“Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Samosir terus bersinergi melaksanakan pembangunan kepariwisataan. Misalnya, Aek Natonang ini, dimana terus dilakukan pembangunan di sini. Karenanya, Pokdarwis adalah garda terdepan untuk menjaga objek wisata ini, memelihara fasilitas-fasilitas di dalamnya. Karenanya, mari kita jaga dan kita manfaatkan objek wisata ini untuk meningkatkan kesejahteraan kita,” ajak kadis.

Posted In:

GIVE A REPLY