Horja Bius

Horas. . .
.
Samosir tak hanya terletak pada pesona alamnya, tapi juga kekayaan budayanya. Pesona alam serta kekayaan budaya tersebut pun dikemas dengan menggelar berbagai event yang disebut Horas Samosir Fiesta (HSF), yang merupakan rangkaian atraksi wisata selama setahun.
.
Ini dia Event ke 7 Horas Samosir Fiesta tahun ini adalah : “Horja Bius” diselenggarakan pada tanggal 29-30 November 2019.
.
Horja Bius merupakan model upacara konfederasi kampung dengan sistem pelestarian salah satu ritual budaya Batak kuno, sekaligus pertunjukan tradisi untuk suguhan wisata budaya bagi wisatawan.
.
Dijelaskan, pada masa dahulu upacara Horja Bius bersifat sakral sebagai upacara persembahan kepada leluhur yang telah mendirikan sebuah perkampungan. Budaya ini menggambarkan sistem musyawarah membahas segala permasalahan yang berujung pada sebuah keputusan untuk dijalankan secara bersama-sama.
.
Di dalam upacara Horja Bius selalu disertai dengan upacara Manghalat Horbo, kemudian mempersembahkan kerbau pilihan. Namun, masa kini telah dimodifikasi menjadi sebuah teater kolosal untuk melestarikan budaya Batak Toba dan mendukung perkembangan potensi pariwisata Danau Toba, khususnya Samosir, sebagai tujuan wisata kelas dunia.
.
Ayooo tunggu apalagi.. siapkan diri kalian, siapkan liburan kalian, dan juga jaga kesehatan yaa😉
Jangan sampai ketinggalan momen berharga ini😍😍
.
“Samosir Negeri Indah Kepingan Surga” 😍😍

Start Time

12:00 am

November 28, 2019

Finish Time

12:00 am

November 29, 2019

Event Participants

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป