Dispar Samosir Ambil Bagian Sukseskan Partangiangan PARNASIB Berbasis Ekonomi Kreatif Masyarakat

Dispar Samosir Ambil Bagian Sukseskan Partangiangan PARNASIB Berbasis Ekonomi Kreatif Masyarakat

PARSADAAN Nainggolan Sibatuara (PARNASIB) Indonesia akan melaksanakan partangiangan yang juga dirangkai dengan berbagai kegiatan yang digelar pada 4-6 Juli 2019. Dan, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir turut mengambil peran dalam menyukseskan kegiatan ini dengan menggelar pelatihan Roasting Coffee Traditional dan Good Agriculture Practise.
Kepala Dinas Pariwisata Daulat Nainggolan SKM MKes melalui Kepala Bidang Kerjasama dan Kemitraan Togar Siboro SPd MM mengatakan bahwa panitia partangiangan PARNASIB Indonesia 2019 meminta agar Dinas Pariwisata berkenan menggelar pelatihan kepada para peserta dari warga Kecamatan Nainggolan demi terbentuknya pekerja terampil dalam usaha coffee shop.
Dinas Pariwisata pun berkenan melakukan pelatihan tersebut yang bekerjasama dengan Komunitas Kopi Synergy Samosir dan pelatihan Roasting Coffee Traditional dan Good Agriculture Practise akan dilaksanakan di Sopo HKBP Nainggolan, Kecamatan Nainggolan, Kamis (4/7/2019).
Kepala Bidang Kerjasama dan Kemitraan Togar Siboro SPd MM berharap agar kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat Nainggolan untuk terjun sebagai penggerak ekonomi kreatif dan diharapkan kegiatan ini tak berhenti sampai di sini saja.
“Setelah kegiatan berakhir, kami berharap para peserta nantinya bisa menjadi pelaku usaha ekonomi kreatif, membuka warung kopi tradisional dan tentunya untuk menambah penghasilan masyarakat serta mendukung perkembangan pariwisata Samosir,” ujarnya.
Dia juga berharap para peserta nantinya bisa bergabung dengan komunitas pegiat usaha kopi tradisional Samosir, yang merupakan wadah bagi para pengusaha coffee shop untuk berbagi ilmu dan bertukar pikiran.
“Ada banyak pengusaha coffe shop yang telah kita bina di Kabupaten Samosir ini. Melalui pelatihan-pelatihan yang kita selenggarakan, terciptalah pelaku ekonomi kreatif yang membuka usaha dan kita berharap nantinya peserta yang dari Nainggolan bisa bergabung di komunitas itu,” imbuhnya.
Sementara, Ketua Panitia Partangiangan PARNASIB Indonesia 2019 Bernard Nainggolan dalam keterangan tertulisnya mengatakan, selain pelatihan Roasting Coffee Traditional dan Good Agriculture Practise, juga akan digelar berbagai kegiatan lainnya yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Kegiatan tersebut, antara lain pelatihan musik, penginjilan untuk anak dan pembekalan sekolah minggu yang akan dilaksanakan pada Kamis (4/7/2019).
Kemudian, pada Jumat (5/7/2019) akan dilaksanakan pelayanan kesehatan umum, pembagian kacamata baca, pelatihan salon dan akan digelar kongres, dimana Bupati Samosir Rapidin SE MM akan hadir sebagai narasumber.
Dan, acara puncak akan digelar pada Sabtu (6/7/2019) dengan kegiatan ibadah bersama, acar manortor dan pemecahan rekor MURI dengan menggelar pesta adat membawa Pisang Sitonggi-tonggi dengan peserta terbanyak 600 orang dan selanjutnya makan pisang bersama dengan peserta terbanyak 2000 orang.

Posted In:

GIVE A REPLY