Dinas Pariwisata Samosir ‘Menangkap’ Moment BBTF 2019 Bali Untuk Berpromosi

Dinas Pariwisata Samosir ‘Menangkap’ Moment BBTF 2019 Bali Untuk Berpromosi

BALI & Beyond Travel Fair (BBTF) 2019 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention, Bali, 25-29 Juni 2019, tak disia-siakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir. Dinas Pariwisata Pemkab Samosir turut serta dalam event tersebut dengan mendirikan booth.
Kepala Dinas Pariwsata Samosir Daulat Nainggolan SKM MKes diwakili Kepala Bidang Promosi Shanty Harianja SE MSi menerangkan, Dinas Pariwisata berada di Booth 10 DPP dengan menggandeng PT Wesly Tour & Travel, yang menjual paket-paket wisata ke Samosir.
Dijelaskan bahwa sebanyak 200-an buyers dan 300-an sellers dari 27 negara ikut serta pada event BBTF ke-6 ini.
Diketahui, berdasarkan World Travel & Tourism Council (WTTC) tahun ini penelitian menunjukkan bahwa perjalanan dan pariwisata di Indonesia tumbuh 7,8 % pada 2018, dua kali lipat rata-rata global 3,9 % dan di depan ekonomi Indonesia yang lebih luas, dan ini memberikan kontribusi 6,0 % terhadap PDB Indonesia senilai Rp890.428 miliar (USD $ 62,6 miliar).

Dan, perjalanan dan pariwisata mendukung 10,3 % dari semua lapangan kerja di Indonesia, atau 13 juta pekerjaan, kontribusi PDB diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5,2 % pada tahun 2019. Satu dari tiga dari semua pekerjaan pariwisata di sepuluh negara yang membentuk Asia Tenggara, berlokasi di Indonesia.
Ini menjadikan Indonesia ekonomi perjalanan dan pariwisata terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Filipina. Ada peningkatan luar biasa dalam pengeluaran bisnis tahun lalu, yang sekarang menyumbang 30 % dari pengeluaran pariwisata di Indonesia dibandingkan dengan 70 % waktu luang.
Di sela-sela event BBTF tahun 2019 ini, Bupati Samosir Rapidin Simbolon SE MM dan Kepala Dinas Pariwisata Daulat Nainggolan SKM MKes turut hadir pada acara Pentas Kesenian Bali yang turut dimeriahkan oleh Paguyuban Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) di Ayodya Art Center.
Pada acara tersebut, ditampilkan tarian tradisional dari beberapa puak Batak, salah satunya Tortor Somba dari Simalungun yang membuka acara.
Ketua Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) Pontas Simamora mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar warga Batak turut berpartisipasi memeriahkan pesta kesenian Bali, juga untuk melestarikan seni budaya Batak serta mengenalkannya kepada masyarakat luas.

Sementara Bupati Samosir Rapidin Simbolon SE MM menyambut baik acara yang diisi oleh IKBB ini. Bupati pun tertarik untuk mendatangkan tim seni budaya dari Samosir untuk ikut dalam pertunjukan spektakuler di ajang Pesta Kesenian Bali tahun depan, sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata Samosir di Bali.
“Saya apresiasi kegiatan ini. Luar biasa. Tahun depan kita akan berikan yang lebih meriah sekaligus memperkenalkan pariwisata Samosir,” ujarnya.

Posted In:

GIVE A REPLY