Bupati Terima Audiensi Panitia Festival Mangga: Perwujudan Visi Kabupaten Samosir, yaitu Penguatan UMKM

Bupati Terima Audiensi Panitia Festival Mangga: Perwujudan Visi Kabupaten Samosir, yaitu Penguatan UMKM

BUPATI Samosir Vandiko Timotius Gultom menerima audiensi Panitia Festival Mangga 2021 di ruang kerjanya, Jumat (21/5/2021).
Ketua Panitia Festival Mangga Ratnauli Gultom menyampaikan bahwa rencana pelaksanaan event ini pada tanggal 20 Mei sampai 3 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan visi Kabupaten Samosir dalam bidang ekonomi, yaitu penguatan UMKM.
“Kegiatan ini bersifat edukasi kepada pelaku UMKM dan masyarakat tentang produk-produk lokal,” kata Ratnauli.
Disinggung terkait pengumpulan orang, panitia mengatakan bahwa mereka telah meminta rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir terkait pelaksanaannya secara teknis. Melani Butarbutar selaku pembina/penasehat kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilakukan di beberapa spot yang telah diatur sedemikian rupa untuk penjagaan jarak.
“Kegiatan ini diharapkan menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan serupa dalam meningkatkan kearifan lokal,” kata Melani.
Dikatakan, segera setelah kegiatan ini, diharapkan akan ada festival-festival lain untuk peningkatan UMKM di Kabupaten Samosir.
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom pada prinsipnya menyetujui kegiatan tersebut dan tetap menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan pada setiap detail kegiatan. “Pemkab Samosir akan mendukung kegiatan ini sepenuhnya,” ungkapnya.
Pada saat yang sama, Vandiko juga mendapat informasi telah dibentuknya Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Samosir yang diketuai Oliver Simbolon. Komite ini memberi penekanan pada seni pertunjukan yang akan diadakan di Kabupaten Samosir untuk mendukung ekonomi kreatif.
Pada festival tersebut telah dirancang acara-acara menarik, yaitu floating market (pasar apung) yang menawarkan ragam sajian produk lokal untuk dinikmati masyarakat umum.

Posted In:

GIVE A REPLY