Bupati Samosir Pastikan Tidak Ada Rakyatnya yang Kelaparan di Masa Pandemi Covid-19

Bupati Samosir Pastikan Tidak Ada Rakyatnya yang Kelaparan di Masa Pandemi Covid-19

DI masa pandemi Covid-19 saat ini, kesulitan ekonomi melanda seluruh lapisan masyarakat, termasuk Kabupaten Samosir. Namun Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM memastikan bahwa tidak akan ada warga Samosir yang kelaparan di masa pandemi ini.
“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Samosir agar tidak khawatir terhadap pemberian bantuan akibat dampak Covid 19. Pemerintah Kabupaten Samosir sudah menyiapkan dana selain bantuan Kemensos RI. Dana tersebut dapat ditampung dari dana desa dan dari APBD Samosir,” ujar Bupati Samosir pada konferensi pers yang digelar di Rumah Dinas Bupati Samosir di Kecamatan Pangururan, Kamis (14/5/2020).
Konferensi pers tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, para pimpinan OPD, dan unsur forkopimda, antara lain Ketua DPRD Samosir Saut Tamba, Kejari Samosir Buddy Herman SH MH dan Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh SIK.
Senada disampaikan Kepala Dinas Koperindag Samosir Vikbon Simbolon. Dia menyampaikan bahwa ketersediaan pangan untuk rakyat Samosir sudah terpenuhi. Dan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melarang para pengusaha untuk menimbun bahan pokok. Dinas Koperindag juga berkoordinasi dengan pengusaha beras bahwa ketersediaan beras tidak usah diragukan.
“Saya juga dapat pastikan, bila beras yang ada di Samosir tidak dijual keluar daerah, dipastikan sanggup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Samosir,” ujarnya.
Sementara, terkait pencegahan virus Covid-19 masuk ke Samosir, Kepala Dinas Kesehatan Samosir Nimpan Karo-karo menegaskan bahwa petugas gugus tugas kesehatan akan selalu standby memeriksa pendatang yang masuk ke Samosir. Dan, untuk menentukan status Orang Dalam Pantauan (ODP) telah dihunjuk dokter spesialis Sahat Manurung.
Sementara, dari pihak kepolisian, Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh SIK mengungkapkan, tugas dan fungsi TNI/Polri sifatnya untuk mem-back-up pelaksanaan Gugus Tugas Covid 19, sehingga apa yang diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Posted In:

GIVE A REPLY