Bupati Bagikan Bantuan dari Kemenparekraf kepada Pelaku Usaha Wisata: Mari Selalu Bersyukur!

Bupati Bagikan Bantuan dari Kemenparekraf kepada Pelaku Usaha Wisata: Mari Selalu Bersyukur!

PEMERINTAH Kabupaten Samosir berupaya sebisa mungkin untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karenanya, kita patut bersyukur pada Yang Kuasa atas segala bantuan yang kita terima.
Demikian disampaikan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM saat penyerahan bantuan Bahan Pokok Lauk Siap Saji (Balasa) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Rabu (8/7/2020) di kawasan objek wisata Batu Parsidangan Siallagan Pindaraya, Kecamatan Simanindo.
Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat karena telah bekerja sama untuk mencegah penularan Covid-19 di Samosir. Dikatakan, masyarakat rela menutup usahanya di masa pandemi Covid-19 demi menjaga kesehatan bersama.
“Amang inang sekalian rela berjuang dalam kepahitan demi menjaga Samosir ini. Tapi, yakinlah, pasti ada pertolongan Tuhan kepada kita,” ujar Bupati.
“Seperti yang kita lihat saat ini, ada bantuan dari Kemenparekraf. Sebelum-sebelumnya, juga ada bantuan dari provinsi, Dana Desa, Pemerintah Kabupaten Samosir dan dari kami pribadi. Walau tidak banyak, setidaknya itu bisa membantu amang inang sekalian,” imbuhnya.
Lebih lanjut Bupati Samosir menyampaikan, di masa new normal ini, kita dituntut untuk terus menjaga protokol kesehatan, agar roda perekonomian bisa berjalan namun tetap menjaga kesehatan.
“Kalau usaha sudah buka, mari tetap pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan. Semoga kepahitan yang kita rasakan selama ini akan berbuah manis. Dagangan kita akan laris, banyak wisatawan yang datang,” ujarnya.
Dikatakan, per Juli 2020 ini Samosir sudah menerapkan new normal untuk wisatawan khusus Samosir, dan diharapkan nanti pada Agustus bisa menerima wisatawan dari luar kota/kabupaten. Dan, semoga nantinya berjalan baik, agar pada September Samosir bisa menerima wisatawan mancanegara.
“Karenanya, mari kita manfaatkan bulan Juli ini untuk belajar menerapkan new normal. Mudah-mudahan nanti di Agustus wisatawan akan ramai dan usaha kita semua bisa maju kembali. Yakinlah, pasti ada buah manis yang akan kita dapatkan,” ujar Bupati.
Selain bantuan uang tunai dan bahan pokok yang selama ini sudah diterima, Bupati Samosir juga mengungkapkan bahwa bantuan Pemerintah Pusat berupa pembangunan juga akan terlaksana. Dikatakan, dalam waktu dekat akan ada pembangunan di kawasan Batu Parsidangan Siallagan sekitar Rp60 miliar.
“Kawasan ini akan sangat cantik. Proses lelang sudah selesai, dan sebentar lagi akan mulai pembangunan. Syukur kita panjatkan kepada Tuhan,” ujar Bupati disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.
Sebelumnya, Wakil Bupati Ir Juang Sinaga juga menyampaikan bahwa Pemkab Samosir terus berupaya agar pembangunan dan bantuan terus digulirkan ke Kabupaten Samosir. Juang Sinaga menegaskan bahwa dirinya dan Bupati Samosir selalu menjalin komunikasi intens ke berbagai pihak, terutama Pemerintah Pusat, agar pembangunan dan bantuan ke Samosir jangan pernah berhenti.
“Apalagi kepada para pelaku pariwisata. Kita tak akan pernah melupakan amang inang sekalian,” ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata Dumosch Pandiangan SSos menyampaikan, ada 148 paket bantuan yang diberikan kepada para pelaku usaha wisata di Desa Siallagan Pindaraya. Dumosch menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Bupati dan Wakil Bupati telah berupaya semaksimal mungkin agar bantuan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi ini dapat disalurkan ke Samosir.
“Saya lihat sendiri bagaimana perjuangan Pak Bupati dan Wakil Bupati berupaya bagaimana agar bantuan kepada masyarakat Samosir dapat dikabulkan Pemerintah Pusat. Salah satunya bantuan dari Kemenparekraf ini. Sebelumnya juga sudah banyak bantuan. Karenanya, kita patut bersyukur atas semua berkat yang kita terima,” ujar Kepala Dinas Pariwisata.
Sementara, para pelaku usaha wisata menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf RI atas bantuan yang telah mereka terima. Mereka juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati-Wakil Bupati Samosir dan jajarannya atas upaya yang telah dilakukan sehingga para pelaku usaha wisata bisa mendapatkan bantuan.
Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan SSos, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Vikbon Simbolon, Dirut RSUD Hadrianus Sinaga dr Friska Situmorang, Camat Simanindo Hans Sidabutar SSTP dan Kepala Desa Siallagan Pindaraya Ojak Tambunan.
Usai penyerahan bantuan secara simbolis di Desa Siallagan Pindaraya, Bupati, Wakil Bupati beserta rombongan melanjutkan pembagian bantuan kepada pelaku usaha wisata di kawasan Tuktuk Siadong.

Posted In:

GIVE A REPLY