Ada Kedamaian dan Keindahan yang Tiada Berkesudahan di Aek Natonang

Ada Kedamaian dan Keindahan yang Tiada Berkesudahan di Aek Natonang

KEINDAHAN yang tiada berkesudahan. Kalimat tersebut spontan terucap saat penulis menginjakkan kaki di tepi sebuah danau, yang tenang, menyejukkan, yang pada permukaan airnya terpantul kemilau-kemilau keindahan tiada tara.
Tapi, danau itu bukan Danau Toba yang termashyur itu, melainkan sebuah danau yang terletak di daratan Pulau Samosir, tepatnya di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo. Ya, ada danau di atas danau, dan masyarakat menyebutnya ‘Aek Natonang’.
Tak begitu jauh untuk bisa sampai di Aek Natonang. Dari Pelabuhan Tomok, langsung berbelok ke kiri, melalui jalan mendaki dengan infrastruktur jalan yang baik. Sepanjang jalan, terlihat Danau Toba mengintip dari celah-celah bukit.
Melaju sebentar kemudian, pemandangan berganti, yakni susunan rapi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, kemudian Danau Toba terlihat lagi. Begitulah seterusnya, meliuk-liuk hingga sekitar 30 menit tiba di Aek Natonang.

Seperti namanya, ‘Aek Natonang’, lokasi ini memang sangat tepat untuk menenangkan jiwa, jauh dari hiruk pikuk kota. Air yang tenang, dikelilingi hutan pinus, ditemani nyanyian burung-burung, diselimuti udara yang dingin, sungguh mampu membawa kedamaian hati.
Melangkahlah menyusuri tepian danau, memandangi permukaan air yang penuh kemilau. Atau, berjalanlah ke arah hutan pinus, berdiri di antara pohon-pohon yang berdiri kokoh, atau telentangkan tubuh pada hamparan rumput hijau, menengadah ke langit, ucapkan syukur atas nikmat luar biasa dari Sang Pencipta.
Dan, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan SMK MKes, pemerintah tengah melakukan pembenahan di lokasi ini, dengan harapan menjadi sebuah destinasi wisata unggulan di Kabupaten Samosir.

Beberapa pembenahan yang sedang dilakukan, antara lain pembangunan jogging track, rumah doa, musholla, gazebo dan kamar mandi. Selain itu, di lokasi ini juga sudah tersedia camping ground yang sangat luas.
“Pemkab Samosir dan pemerintah pusat sangat serius melakukan pembenahan di Aek Natonang ini dan kita berharap ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati,” ujarnya.

Posted In:

GIVE A REPLY