Wisata Samosir yang Paling Menarik Dikunjungi

Rumah Batak dan atraksi Budaya Batak Simanindo merupakan atraksi Budaya Batak kebanggaan masyarakat Samosir yang menjadi salah satu icon Wisata Samosir yang menjadi salah satu Icon Wisata Samosir yang menarik dikunjungi. karena ornament di rumah batak ini kita dapat menyaksikan ciri khas yang menggambarkan tradisi dan masyarakat local setempat.
Makna dan Filosofi rumah Batak pintu yang rendah berukuran 1.5 meter pada rumah Batak yang membuat para tamu yang mengunjungi menunduk melambangkan kesopanan. Seseorang harus menunduk agar bisa masuk rumah tersebut. sama halnya dengan keharusan tamu menghormati pemilik rumah.


Museum Hutabolon Simanindo

Rumah Batak melambangkan adanya tritunggal benua yaitu Benua Atas yang ditempati Dewa, dilambangkan dengan atap rumah. Benua tengah ditempati manusia, dilambangkan dengan lantai dan dinding. Benua bawah sebagai tempat kematian dilambangkan dengan kolong. Pada zaman dahulu rumah bagian tengah itu tidak mempunyai kamar kamar dan naik kerumah harus melalui tangga dari kolong rumah, yang tangganya terdiri dari 5 sampai 7 buah anak tangga.

Rumah adat Batak terdapat ornamen-ornamen yang penuh dengan makna dan simbolisme yang menggambarkan kewibawaan dan Kharisma. contohnya:ada ornamen yang berupa orang yang menarik kerbau artinya melambangkan kehidupan dan semangat kerja.
Nah… jika para sahabat Dispar Samosir ingin melihat langsung rumah Batak dan ingin menyaksikan atraksi budaya Batak (yang biasanya atraksi dilaksanakan 2x sehari yaitu di jam 10:30 dan jam 11:45) datanglah ke Museum Hutabolon Simanindo yang berjarak 15 km dari Ambarita dan 20 km dari Tomok. Para sahabat Dispar Samosir akan tahu masa lalu orang Batak itu seperti apa… liburan sekalian belajar sejarah dan jangan lupa ajak keluarga, dan teman temannya ya…
 
Semoga bermanfaat
Salam Pariwisata Samosir

GIVE A REPLY