Cagar Budaya

Benda-benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Samosir adalah peninggalan arkeologis yang terdapat di beberapa Kecamatan di Kabupaten Samosir antara lain :

  1. MATA AIR (AEK SIPITU DAI)

Terletak di Desa Aek Sipitu Dai Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak kira-kira 9 km dari Pangururan. Disini terdapat mata air yang berasal dari 7 saluran dan setiap saluran memiliki rasa yang berbeda.  Tempat ini dipercaya untuk menyembuhkan penyakit.

  1. BATU HOBON

Batu Hobon adalah salah satu situs budaya yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di lembah Gunung Pusuk Buhit, tepatnya di Desa Limbong Kecamatan Sianjur Mulamula. Terdapat kepercayaan bahwa disini tersimpan harta dan peninggalan sejarah kuno.

  1. PERKAMPUNGAN SI RAJA BATAK

Perkampungan Si Raja Batak terletak di Desa Sigulanti, Kecamatan Sianjur Mulamula, berada di sisi bukit dari Gunung Pusuk Buhit. Dipercaya sebagai desa pertama dari asal-usul suku Batak. Disini juga direncanakan pembangunan tempat wisata  Geopark Toba.

  1. BATU SAWAN

Merupakan Lokasi air terjun yang terlihat seperti mangkuk besar, keunikan dari air ini adalah memiliki rasa seperti air lemon, Beberapa pengunjung yang datang mempunyai tujuan untuk berdoa kepada Tuhan agar diberikan rezeki dan kesehatan.

  1. BATU GURU

Di Desa Harian terdapat 4 buah monolit (batu guru) yang terletak berkisar 1 Km dari jalan raya, 3 buah terletak di daratan dan sebuah terletak di tengah Danau Toba. Batu guru merupakan batu monolit yang oleh masyarakat setempat dipercayai batu tersebut mempunyai kekuatan tertentu. Batu guru yang terletak di tengah Danau Toba jaraknya dari daratan berkisar 300 M, oleh masyarakat setempat, batu ini sering dipakai sebagai media jika mereka menginginkan sesuatu dengan menjatuhkan telur ayam kampung di dekat batu tersebut yang bertujuan, misalnya agar tangkapan ikan lebih banyak, mohon agar banyak rejeki, dll.

  1. MAKAM RAJA SIDABUTAR

Salah satu destinasi favorit wisatawan yang terletak di desa Tomok. Terdapat makam-makam Raja Batak. Berdasarkan legenda Raja Sidabutar adalah raja yang memiliki kekuatan magis, kekuatannya terdapat pada rambutnya, dan jika dipotong kekuatannya akan hilang. Disini juga kita dapat melihat tari boneka Sigalegale ikonik khas Batak.

  1. BATU KURSI PARSIDANGAN SIALLAGAN

Sekitar 5 km dari arah Utara Desa Tomok, terdapat situs megalitikum yang juga menjadi tujuan favorit para turis.  Batu Kursi Siallagan, tempat terdapat banyak peninggalan sisa-sisa dari Kerajaan Batak dengan patung-patung, tempat eksekusi dan rumah tradisional Batak.

  1. PAGAR BATU LONTUNG

Terdapat di desa Lontung Kecamatan Simanindo, diketahui sebagai desanya Raja batak, dikelilingi pagar batu dengan ukiran tradisional Batak, beserta peninggalan – peninggalan masa lampau Raja batak.