Aktifitas

Aktifitas yang bisa dilakukan disamosir

Berpetualang
Bagi anda yang hobi bertualang, Samosir mampu menjawab keinginan anda tersebut, samosir dengan luas +/- 254.715 Ha terdiri dari daratan seluas 144.455 Ha dan perairan danau seluas 110.260 Ha. dan sebagian besar memiliki kontur tanah berbukit yang miring dan terjal, sehingga masih banyak lokasi-lokasi yang belum terjamah dan sulit untuk dicapai, tentunya bagi anda pecinta Trekking itu sangat menarik bukan?

Petualangan

Petualangan

Mendaki Gunung, Trekking, Ecotour
Kurang puas dengan gunung sibayak atau Sinabung?? Anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Pusuk Buhit, gunung dengan ketinggian +/- 1900 dpl pemandangan yang indah tersaji dari puncak gunung ini, waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam. Tak hanya indah dilokasi ini anda juga bisa menemukan banyak hal menarik yaitu adanya beberapa situs sejarah orang Batak!!

Pilihan lain, anda juga bisa mencoba trekking di wilayah kecamatan simanindo yaitu dari ambarita menuju ke kampung partukkoan, dengan waktu tempuh 2 – 3 jam, dan masih banyak lagi pilihan trekking yang tidak kalah menarik disamosir.

Downhill

Downhill

Bersepeda

Bersepeda

History Building
Rumah Persaktian Si Raja Batak

Pesanggrahan

Desa Tradisional/Desa Wisata
Ingin mencoba gaya hidup pedesaan? Menikmati iklim yang sejuk, udara yang segar, merdunya suara burung di alam bebas, anda bisa mengunjungi beberapa desa wisata di Kab. Samosir, salah satunya adalah desa sari marihit di kecamatan sianjur mulamula, desa wisata ini memang diciptakan untuk anda yang ingin menjauh dari suasana kota yang bising dan padat. So Enjoy!

Souvenir Shop
Anda ingin membawa cinderamata setelah mengunjungi samosir? silahkan berkunjung ke pasar souvenir yang ada di Tomok, Tuktuk siadong atau siallagan, lokasi ini menyediakan beragam bentuk souvenir khas samosir, antara lain ukiran, kerajinan dari kayu, kaos, aksesoris berupa gantungan kunci, gelang, dan masih banyak lagi.

Jadi jangan lupa untuk berkunjung kesini!

Kuliner
Kuliner adalah salah satu hal yang diburu ketika kita melakukan perjalanan wisata ke tempat lain, di Samosir ada beberapa hidangan kuliner asli yang patut anda coba, meski beberapa ada yang tidak bisa dimakan buat yang beragama islam, kuliner asli dari Samosir antar lain :

Nani Arsik : nani arsik adalah ikan mas yang di olah seperti gulai namun tanpa santan
Nani Ura : Uniknya ikan ini tidak dimasak dengan api, ikan ini didiamkan dengan larutan bumbu khasnya, setelah beberapa jam ikan ini akan masak dengan sendirinya.
Napinadar : masakan napinadar biasanya menggunakan ayam, rasanya pedas dengan bumbu khasnya, biasanya disertai pelengkap, nanas yang masih muda, tomat, timun, dan selada yang segar.
Lapet : kue beras khas tradisional
Dali ni Horbo : dali ni horbo terbuat dari susu kerbau yang diolah sedemikian rupa hingga mengental dan biasanya dicampur dengan jus nanas dan daun pepaya.

MICE (Meeting, Incentive, Convention And Exibition)
Samosir memiliki beberapa lokasi yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi anda untuk mengadakan rapat skala kecil, ataupun sekedar pertemuan dengan grup dan organisasi, antara lain :

Toledo in
Dumasari
Sopo Toba
Ambaroba
Saulina
Silintong
Dainang

Museum/gallery/Pameran
Museum yang ada di Kab. Samosir

Museum Hutabolon di Kec. Simanido, museum ini memiliki beberapa peninggalan jaman dahulu, sebelum kebakaran di tahun museum ini memiliki banyak peninggalan yang sangat sudah untuk ditemukan pada saat ini.
Museum di Tomok Kec. Simanindo
Museum di Gereja Inkulturatif di kec. Pangururan
Sebenarnya tempat ini merupakan gereja katolik, namun uniknya lantai bawahnya digunakan sebagai museum.

Gallery/Pameran
Anda bisa menemukan gallery/pameran di tuktuk siadong,beberapa lokasi disini ada membuat lukisan sekaligus memamerkannya, bila anda tertarik, anda juga bisa menawarnya.

Olahraga Air
Peminat olahraga air, anda bisa melakukan beberapa hal berikut disini:

Berenang
Dragon Boat
Banana Boat
Ski air

Berenang

Berenang

Water-Sport

Water-Sport

Olahraga Minat Khusus
Olahraga minat khusus memiliki segmen tersendiri di Kabupaten ini, olahraga tantangan ini bisa anda lakukan, namun hanya buat yang berani, tidak disarankan untuk yang belum ahli tanpa pengawasan, antara lain :

Xtrim trail
Anda bisa menjelajahi samosir dengan motor penjelajah ini, banyak medan yang menantang untuk anda taklukkan.

Xtrim Trail

Xtrim Trail

4×4 Trooper
Paralayang
Lokasi untuk paralayang biasanya dari siulakhosa di kec. Simanindo ataupun dari pusuk buhit.

paralayang

paralayang

Down Hill
Mountain Bike (MTB)

Mandi Air Panas
Setelah melakukan beragam aktifitas yang melelahkan, anda bisa bersantai sembari menikmati air panas langsung dari gunung Pusuk Buhit di Kec. Pangururan dengan berkunjung ke kawasan pemandian air panas di kelurahan si ogung-ogung Kec. Pangururan ini. Banyak pilihan tempat yang ditawarkan dengan fasilitasnya tersendiri, anda tinggal memilih. Jika ingin lokasi yang lebih tenang, anda bisa mengunjugi pemandian air panas yang terletak di Pintu batu.
Jalan-jalan
Perjalanan selama beberapa jam ataupun seharian penuh di hari libur selalu menjadi pengantar yang indah dalam tujuan wisata yang baru, di Samosir, anda bisa mengelilingi pulau ini dalam tempo waktu 5 – 6 jam dengan mengendarai motor/mobil pada kecepatan maksimal 40-50km/jam, atau dengan bersepeda, meski memberikan waktu tempuh yang lebih lama namun rasa lelah hilang berganti rasa puas ketika menemukan objek wisata maupun spot yang menarik dan indah dalam perjalanan, pilihan lain yang tak kalah menarik adalah menggunakan kapal, anda bisa menjangkau lokasi pinggiran Pulau yang tidak bisa di jangkau dengan kenderaan,namun pilihan ini dengan catatan hindari di bulan juni sampai agustus karena biasanya angin kencang pada bulan-bulan tersebut. Yang mana pun pilihan anda semuanya memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan, dan pada akhirnya anda mulai memahami apa yang membuat Samosir memiliki tagline

Negeri Indah Kepingan Surga.